Posted by : Unknown Rabu, 14 Mei 2014




Metode Pengukuran :

* Metode Penambahan serbuk CaCO3 (Marmer)
Metode ini berdasarkan kemampuan CO2 agresif dalam bereaksi dengan serbuk CaCO3 membentuk Ca(HCO3)2 yang larut dalam air.
Tahap pengerjaannya adalah :
  1. Tentukan konsentrasi CO2, HCO3-, dan Ca++ dalam air dengan menggunakan metode pengukuran asiditas-alkalinitas dan metode pengukuran kesadahan dalam air
  2. 1 Liter sample air yang tertutup rapat tanpa ada udara, (tidak boleh kontak dengan atmosfer) ditambah kurang lebih 10gram serbuk CaCO3 p.a kemudian dikocok selama beberapa jam. Setelah dibiarkan mengendap kemudian disaring.
  3. Air hasil penyaringan ditentukan konsentrasi CO2, HCO3- dan konsentrasi Ca++
  4. Penurunan CO2 ekivalen dengan penambahan konsentrasi HCO3- dan Ca++ dalam air tersebut menunjukan banyaknya CO2 agresif dalam air.


*Metode Grafik Tillman
Contoh air diukur asiditas dan alkalinitasnya, kemudian dihitung berapa konsentrasi CO2 dan HCO3 dalam satuan mg/L. Kemudian diplotkan dalam grafik tillman.
Grafik tillman adalah grafik kesetimbangan antara CO2 dengan HCO3-, sumbu x adalah mg/L HCO3 dan sumbu y adalah konsentrasi CO2 total. Sedangkan garis diagonal dari kiri ke kanan adalag garis penurunan CO2 menggunakan CaCo3 atau CaO. Sedangkan skala pH tertera pada sumbu dibagian atas dan sebelah kanan.
Garis kesetimbangan adalah garis kesetimbangan antara CO2 dengan HCO3-
Jika titik pertemuan antara konsentrasi CO2 dan HCO3- berada disebelah kiri, maka air tersebut mengandung CO2 agresif. Jika titik pertemuan ada disebelah kanan garis kesetimbangan berarti tidak ada CO2 agresif atau non agresif.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 シズカ 近松's Blog ^^ - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -